ubaya.ac

Persatuan dalam Perbedaan

Perbedaan tidak menghalangi persatuan. Dengan bersatu, kita dapat melakukan banyak hal. Perbedaan yang ada tergantung pada bagaimana kita menyikapinya.

Beberapa perbedaan yang ada di masyarakat diantaranya perbedaan agama, suku, bahasa, adat istiadat, pakaian, makanan, warna kulit, pekerjaan,pemikiran, ide, dan lain-lain. Banyak perbedaan yang ada di masyarakat sekitar kita apa lagi penduduk dalam satu negara atau lebih besar lagi dalam lingkup dunia internasional.

Persatuan harus kita utamakan, karena itu kita harus dapat menyikapi  perbedaan yang ada dengan bijaksana. Kita harus bisa menghargai, menghormati, peduli dan toleransi terhadap orang lain yang berbeda dengan kita. Tidak memaksakan kehendak kita kepada orang lain. Mengutamakan kepentingan umum dari pada kepentingan pribadi. Sikap-sikap inilah yang harus kita pelihara agar persatuan tetap terjaga.

Dengan hidup rukun dalam perbedaan persatuan dapat terjaga. Kita dapat melakukan pembangunan dengan lancar, kegiatan ekonomi juga berjalan baik, keamanan terjaga. Masyarakat dapat melakukan semua kegiatan dengan aman, tentram dan damai.

Kita ibaratkan sebuah kesenian orkes dangdut, setiap pemain memainkan alat yang berbeda-beda dan suara yang berbeda pula. Kalau mereka bermain sendiri-sendiri tanpa mau bekerja sama akan kacau, suara yang dihasilkan tidak enak didengar. Tetapi bila bekerja sama dengan baik dapat menghasilkan suara yang merdu dan enak didengar.

Masih banyak hal-hal yang lain dapat kita kita jadikan contoh bahwa perbedaan dapat memperkokoh persatuan.